Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

7 kampus berorientasi migas di Indonesia

  20 Ags 2018 15:49:50 WIB

Tahun ajaran baru segera akan dimulai, sebagian dari kamu sudah terdaftar di kampus-kampus terbaik yang ada di Indonesia, sebagian lagi mungkin masih menunggu pengumuman lulus. Tidak usah takut, kemanapun kamu berlabuh, yang terpenting adalah niat dan tetap focus. Nah, salah satu jurusan favorit calon mahasiswa adalah Teknik Perminyakan, oleh sebab itu kami mencoba merangkum 7 Kampus terbaik di Indonesia yang berorientasi di industry migas.

1.  Institut Teknologi Bandung

Kampus yang berlokasi di Bandung ini memiliki Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan. Kurikulum Teknik Perminyakan didesain untuk menyiapkan mahasiswa untuk karir profesional di industri hulu perminyakan.

2.  Universitas Islam Riau

Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau didirikan pada Tgl 22 Mel 1986. Pendirian Program Studi ini didasari dan disadari dan kenyataan bahwa Riau adalah penghasil minyak terbesar di Indonesia serta pesatnya perkembangan industri yang mendukung sektor migas membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.

3.  Universitas Proklamasi 45

Ini dia, satu-satunya kampus di Indonesia yang sangat fokus di industry migas. Pasalnya, kampus dengan slogan “The University of Petroleum” ini mengusung disiplin ilmu yang berorientasi di migas. Tidak hanya jurusan Teknik Perminyakan, namun semua program studi dan mata kuliah yang diajarkan di kampus ini betul-betul diarahkan ke industry migas sehingga lulusan Universitas Proklamasi 45 mampu memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bersaing di dunia kerja khususnya oil and gas company.

4.  Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Program Studi Teknik Perminyakan merupakan salah satu Program Studi yang ada di lingkungan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN Veteran Yogyakarta. Lulusan program studi Teknik Teknik Perminyakan adalah seorang sarjana yang mermiliki etika serta menguasai ilmu dan teknologi.

5.  Universitas Pertamina

Teknik Perminyakan Universitas Pertamina memiliki tujuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan.

6.  Sekolah Tinggi Teknologi Migas Balikpapan

STT Migas Balikpapan dibentuk pada tahun 2001 dengan tujuan menyokong industry migas khususnya daerah Kalimantan Timur. Kota Balikpapan yang mendapat julukan sebagai Kota Minyak membutuhkan pekerja-pekerja handal yang dapat bersaing secara kompetitif, dan diharapkan masyarakat local dapat memenuhi kualifikasi tersebut dengan menempuh pendidikan di STT Migas Balikpapan.

7.  Universitas Trisakti

Jurusan Teknik Perminyakan berdiri pada awal tahun akademik 1980/1981 bersama-sama dengan Jurusan Teknik Geologi. Kedua Jurusan tersebut didirikan berdasarkan kebutuhan dalam rangka upaya mempercepat proses keikutsertaan Indonesia pada industri perminyakan.

Artikel Terkait

Harapan 35 Ribu Megawatt di Tahun 2017
31 Des 2016 10:37:54 WIB