Diskusi EMGI, Melanjutkan Studi ke Jepang Melalui Grant Research

22 Sep 2016 09:01:38 WIB
Telah dibaca 368x

Kamis, 15 September 2016 EMGI UP45 Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan diskusi bersama antara para dosen UP45 dengan Ibu Dr. Ami Mizuno. Beliau adalah asisten rektor bidang III yang mengurusi kerjasama UP45 dengan Institusi yang ada di Jepang. Pada kesempatan ini beliau memaparkan beasiswa dan Grant Research yang ada di Jepang yang dapat diajukan oleh dosen-dosen UP45. Ada berbagai jenis beasiswa yang diberikan pemerintah Jepang salah satunya Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dapat diakses melalui internet.

Saat ini tersedia buat lulusan SLTA, S1, dan S2.  Ada dua jalur yang dapat ditempuh, pertama apply beasiswa dahulu sebelum melakukan study (misalnya masih di Indonesia atau masih diluar negeri) dan jalur kedua melanjutkan study terlebih dahulu di Jepang baru kemudian melakukan apply beasiswa. Beasiswa ini mencakup tiket pesawat, tersedianya tempat tinggal atau apartemen dengan biaya hidup, dan biaya kuliah.

            Ami Mizuno juga memaparkan bahwa selain beasiswa diatas ada juga beasiswa swasta HITACHI, beasiswa ini memberikan dana yang cukup besar untuk biaya hidup dan sudah termasuk uang kuliah. “Biaya kuliah dan biaya hidup cukup mahal di Jepang karena itu jangan dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan study, kita dapat mengajukan keringanan biaya ke pemerintah jepang atau ke universitas tujuan”, lanjutya.

            Pemerintah Jepang juga memberikan dana untuk penelitian yang dilakukan. Ada beberapa jenis penelitian salah satunya Research Fellowship for Young Scientist, Cara melakukan penelitiannya adalah dengan menghubungi salah satu profesor yang ada di Jepang yang memiliki bidang keilmuan atau penelitian yang serupa dengan orang yang mengajukan dan Sumitomo Foundation, yang merupakan penelitian perbandingan kasus kasus di Indonesia dan Jepang.

            Ada beberapa kiat yang disampaikan Ami Mizuno agar dapat diterima di kampus-kampus Jepang dan lulus dalam proyek penelitian yang ada di Jepang:

  1. Semangat, tanpa semangat yang ada segala tujuan kita tidak mungkin tercapai.
  2. Keluar dari zona nyaman, bangunlah jiwa petualang agar kita dapat segera beradaptasi dengan perbedaan dan perubahan yang ada
  3. Kerucutkan minat, memilih kampus harus disesuaikan dengan minat kita karena di beberapa kampus di Jepang ada yang fokus pada bidang tertentu
  4. Cari professor yang akan memberikan rekomendasi
  5. Cari jenis beasiswanya, pemberi beasiswa di Jepang sangat selektif menilai proposal yang diajukan. Sebagai calon penerima beasiswa harus jeli melihat proposal penelitian seperti apa yang diinginkan si pemberi beasiswa
  6. Jangan pernah takut akan masalah bahasa yang berbeda karena 90% yang menentukan adalah body language

Banyak keuntungan yang didapat dari Grant Research ini seperti ilmu pengetahuan, wawasan, teman (jaringan) dan jalan-jalan yang bermanfaat. (FAG)

Berita Terkait

Blok masela merupakan kawasan kilang minyak yang berada di Laut Arafuru, Maluku. Cadangan minyak dar...

Perjuangan Berat Mendapatkan "IAYP Emas"

17 Sep 2015 08:56:19 WIB

International Award for Young People (IAYP) adalah salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang fokus pa...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017