Kuliah Lapangan Psikologi Perkembangan II Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta

19 Des 2016 09:34:49 WIB
Telah dibaca 391x

Dalam rangka mempererat tali silahturahmi antar sesama mahasiswa serta meningkatkan jiwa simpati dan empati terhadap lingkungan sekitar, Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kunjungan kuliah lapangan Psikologi Perkembangan II ke UPT Panti Karya yang beralamat di Karanganyar, Brontokusuman, Mergangsan Yogyakarta 55153. Kegiatan ini terlaksana hari Sabtu tanggal 19 November 2016, hari Minggu dan Senin  tanggal 27-28 November 2016 yang berlansung sejak pagi dimulai pukul 09.00 hingga siang pukul 11.00 ini diikuti oleh Ibu Eni Rohyati selaku dosen pengampu Psikologi Perkembangan II, Pak Daris Dosen Sosiologi, Rere, Subur, Shofi, Husna, Adel dan beberapa orang partisipan.

Kegiatan dimulai dengan acara sambutan dari Ibu Eni Rohyati perwakilan Fakultas Psikologi UP45 dengan memperkenalkan mahasiswanya dan Ice Breaking lalu dilanjutkan oleh mas Shofi dengan gayanya yang khas yaitu berkaroke ria. Selanjutnya dilakukan doa bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan games. Games terdiri dari 2 macam permainan yang melibatkan beberapa warga binaan panti yang sudah bisa berkomunikasi dan mahasiswa yang hadir bergabung dengan para warga panti yang berpatisipasi dalam games.

Games pertama adalah moving ball yaitu memindahkan bola dengan cara memindahkan bola menggunakan sumpit dari warga binaan pria dengan bantuan mahasiswa ke warga binaan wanita. Games ini diikuti  4 kelompok yang terdiri dari 10 warga binaan panti dan 2 orang mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan games yang kedua yaitu unjuk kebolehan berjoget atau menyanyi bersama dan berkreasi menggunakan hidrogel warna warni dengan mengkelompokan sesuai dengan warnanya lalu diisi dengan tamanan Sirih Belanda. Melihat tingkah laku pada gemes yang kedua mengundang gelak tawa yang ada di lapangan karena saat games ujuk kebolehan warga binaan bernyanyi dan berjoget seperti artis super star. Setelah games berahkir, dilanjutkan dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa untuk warga binaan. Kemudian dilanjutkan dengan snack time untuk mengakrabkan mahasiswa Fakultas Psikologi UP45 dengan warga panti.

Tujuan diadakan kegiatan ini yaitu pendampingan psikologi dan observasi perkembangan sebagai bukti nyata mahasiswa tidak hanya terpaku pada teori namun lansung mengaplikasikan ilmu yang didapat di ruang perkulihan. Kepala UPT Panti Karya Bapak Kristianto mengharapkan dengan diadakannya acara tersebut di UPT Panti Karya dapat mempererat kerjasama antara Fakultas Psikologi UP45 dengan UPT Panti Karya dalam pendampingan dan pengentasan warga panti. Fakultas Psikologi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta sudah 1 bulan ikut berperan dalam pendampingan dan pembinaan warga Panti Karya. Kerjasama ini sangat bermanfaat baik untuk pembinaan warga panti maupun sebagai penerapan ilmu psikologi bagi mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan ini.

Berita Terkait

Yogyakarta, 19 Desember 2017. Sebanyak 72 calon wisudawan mengikuti pembekalan wisuda yang dilaksana...

EMGI UP45 (Energi Management and Governance Institute) Rabu, 14 September 2016, mengadakan kegiatan ...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017