Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Kunjungan Studi Mahasiswa Dili Timor Leste ke UP45

  13 Februari 2019

Bagikan postingan ini

Kantor Urusan Internasional Universitas Proklamasi 45 melakukan penyambutan 30 mahasiswa asing asal Timor Leste tepatnya dari Universitas Dili yang melaksanakan studi banding  pada hari Senin-Jumat, 17-21 Desember 2018. Sebelumnya kegiatan mahasiswa dilakukan dengan studi lapangan di Cepu selama 1 bulan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan di UP45 diantaranya adalah pengenalan lingkungan kampus, pengenalan bahasa Indonesia, budaya Jawa, kuliner Indonesia serta berkunjung ke tempat wisata. Guna memberikan informasi serta mendampingi para mahasiswa Universitas Dili, Kantor Urusan Internasional mengirimkan Buddies UP45 berkolaborasi dengan mahasiswa asing UP45 untuk bisa berinteraksi saling mengenal dan membantu teman mahasiswa dari Universitas Dili.

Dalam kesempatan tersebut, selama berada di UP45, mahasiswa Jurusan Teknik Perminyakan Fakultas Teknik Universidade Dili mendapatkan sharing dari dosen khususnya kaprodi teknik perminyakan. Selain itu perpustakaan Universitas Proklamasi 45 menjadi tempat bagi mereka untuk mendapatkan berbagai  ilmu pengetahuan dan buku referensi.

Aderito F Sarmanto perwakilan dari mahasiswa UNDIL mengatakan “kegiatan ini selain bertujuan dapat mengakses perpustakaan di Universitas Proklamasi 45, kebetulan mahasiswa yang hadir adalah mahasiswa akhir yang akan mengerjakan skripsi, sehingga melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan bagi mahasiswa dan memberikan inspirasi tema yang menarik yang bisa  dipilih untuk diteliti sebagai tugas akhir mereka.”

Pada kesempatan ini, mahasiswa asing didampingi oleh Dosen Fakultas Teknik Aderito F. Dacosta,ST. Hadir pula Ketua Jurusan Fakultas Teknik Helio Menezes,ST,MT. Guna memberikan apresiasi yang besar atas kerjasama ini Fakultas Teknik menyelenggarakan pelepasan bagi mahasiswa Universitas Dili pada tanggal 21 Desember 2018 bertempat di Ruang 101-102 A Gedung Sukarno, Jl. Proklamasi No 1 Babarsari Yogyakarta.

Sambutan disampaikan oleh Rektor Universitas Proklamasi 45 Ir.Bambang Irjanto,MBA - Dekan Fakultas Teknik Syamsul Maarif, ST,MEng, dalam hal ini diwakili oleh Anastasia Neni CP,SSi,MSi. Sedangkan setiap prodi menyampaikan berbagai  pemaparan diantaranya Kaprodi Teknik Perminyakan Aisyah Indah Irmaya,ST,MT, Kaprodi Teknik Lingkungan M.Noviansyah Aridito, S.Pd.,M.Sc dan Kaprodi Teknik industri Enda Apriani,ST.MEng dan juga Kepala PMB Trisno Fallo,Shut,MSc. Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Urusan Internasional UP45 Rr.Putri Ana Nurani,SS,MM menyampaikan kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama yang dibangun antara Fakultas Teknik Umiversitas Proklamasi 45 (UP45) Indonesia dan Fakultas Teknik Universidade Dili (UNDIL) TimorLeste. Harapannya, kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan terus berlanjut.