Mahasiswa Teknik Perminyakan UP45 Lakukan Kuliah Lapangan Di Dieng

22 Jul 2016 03:44:55 WIB
Telah dibaca 765x

Pendidikan pada awalnya digagas untuk memberikan pengetahuan bagi peserta didik. Pada masa awal pendidikan hanya diberikan secara sederhana untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik sesuai dengan kebutuhannya. Seiring dengan perkembangan, pelaksanaan pendidikan dikemas sedemikian rupa dan didesain secara terstruktur untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih besar.

Ketika kesadaran masyarakat terhadap pendidikan mulai tumbuh, penyelenggara pendidikan berupaya memberikan pendidikan dengan metode pembelajaran yang lebih kreatif untuk mempermudah pemahaman peserta didik. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam rangka berupaya memberikan pendidikan dengan mutu terbaik, Universitas Proklamasi 45 memberikan pendidikan kepada mahasiswa tidak hanya menyuguhkan teori, namun juga disertai dengan kuliah lapangan.

Kuliah lapangan biasa diselenggarakan di UP45 untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang kondisi di lapangan terkait teori yang diajarkan. Seperti yang dilakukan pada Senin-Selasa (25-26/04), Teknik Perminyakan (TP) UP45 Yogyakarta untuk yang kesekian kalinya melakukan kuliah lapangan bagi mahasiswa. 

Tepatnya pukul 18.30 WIB. Senin (25/04), TP UP45 memberangkatkan rombongan mahasiswa beserta dosen pendamping menuju PT. Geo Dipa Energi Dieng untuk melaksanakan kuliah lapangan. Menurut Enda Apriyani, S.T.,M.Eng., selaku Wakil Dekan Fakultas Teknik UP45, rombongan tersebut terdiri dari 114 mahasiswa peserta kuliah lapangan dan 16 dosen pendamping. Perjalanan sengaja di tempuh pada malam hari agar peserta dapat istirahat terlebih dahulu di Dieng sebelum melaksanakan kuliah lapangan. Sekitar tengah malam, rombongan tiba di daerah Wonosobo dan beristirahat di salah satu hotel di daerah tersebut.

Pada Selasa (26/04), kuliah lapangan dimulai. Tanpa membuang-buang waktu, mahasiswa beserta pembimbing menuju tempat produksi geothermal (panas bumi) milik PT. Geo Dipa Energi Dieng. Di kawasan produksi geothermal itu, mahasiswa diberikan pemahaman mengenai proses konversi energi dari panas bumi menjadi energi listrik.

Di perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas (PLTP) itu, Rombongan kuliah lapangan UP45 menyaksikan bagaimana cara kerja mesin dalam mengkonversi panas bumi menjadi energi listrik. Salah satu mahasiswa peserta kuliah lapangan, Hendri menyatakan bahwa dirinya merasa beruntung mengikuti kuliah lapangan ke PT. Geo Dipa Dieng. Disana dia dan teman-temannya sesama mahasiswa mendapat tambahan ilmu pengetahuan.“kami merasa senang bisa mengikuti KL (kuliah lapangan). Dengan adanya kuliah lapangan ke Dieng kemarin, kami bisa mengetahui secara langsung pemanfaatan panas bumi,” demikian kata Hendri.

Kuliah lapangan itu berjalan dengan lancar hingga rombongan kembali ke kampus UP45. Salah satu panitia kuliah lapangan, Asti menyatakan rasa syukurnya karena pelaksanaan kuliah lapangan berjalan sesuai rencana tanpa ada kendala. Rombongan tiba di kampus UP45 pada Selasa (26/04) sekitar pada pukul 22.00 WIB. (T.S)

Berita Terkait

UP45 Mendirikan Tempat Parkir Baru

20 Jul 2016 03:12:26 WIB

Komitmen untuk selalu meningkatkan perubahan positif di UP45 benar-benar direalisasikan oleh Wakil R...

Energy Management and Governance Institute (EMGI) UP45 kembali mengadakan acara bedah buku dengan ju...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017