Pelantikan Patriot Desa Pancasila Lahirkan Pemimpin Pancasila

12 Sep 2017 09:04:52 WIB
Telah dibaca 90x

Saat ini, kebersamaan, gotong royong dan kepedulian antar sesama yang merupakan jati diri bangsa sebagai nilai – nilai Pancasila semakin luntur di tengah masyarakat pedesaan. Untuk itu, perlu menumbuhkan kembali nilai – nilai Pancasila melalui peran berbagai pihak. Upaya tersebut telah dilakukan oleh Desa Manjung Kecamatan Ngawen Klaten bekerjasama dengan BMT INTI dan berbagai pihak lainnya termasuk Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta (UP45) mengelar Pelantikan Patriot Desa Pancasila sebagai program Implementasi Desa Pancasila, Minggu (20/8/2017. Kegiatan yang diadakan di Lapangan Desa Manjung disaksikan ribuan warga berlangsung hikmat dan meriah.

AB Amanto selaku Kepala Desa Manjung menuturkan bahwa ,”Desa Pancasila ini dijalankan untuk merespon situasi dan kondisi yang berkembang saat ini. Warga desa Manjung yang beragam ingin mengimplementasikan tata kehidupan berpancasila dengan penuh kerukunan dan kedamaian. Manjung di dukung dengan UP45 telah menginisiasi Patriot Desa Pancasila sebagai Program Desa Pancasila. Hari ini kita lantik dan kukuhkan Desa Pancasila untuk membangun komitment pengamalan Pancasila. Pihaknya berharap kedepan dari desa lahir generasi muda pemimpin Pancasila yang militan, mengutamakan kebersamaan dan menghargai keberagaman.”

Senada dengan dengan yang disamapaikan oleh AB Amanto, Agus Praptomo selaku Direktur BMT INTI secara terpisah berharap bahwa ,”pihaknya merasa terpanggil dan perlu mendorong upaya pembinaan para pemuda desa dengan disertai penanaman nilai Pancasila agar toleransi yang telah ada dapat dipupuk lebih baik. Adapun Patriot desa Pancasila ini pihaknya berharap mampu menjadi relawan yang rela berkorban membangun desanya sambil membumikan nilai – nilai Pancasila.”

Sedangkan Wanda Bima Arya, salah satu anggota Patriot Desa Pancasila dan Sugiyarto selaku Ketua Karang Taruna “Mudho Dharmo” Desa Manjung secara bersama mengatakan bahwa ,” Patriot Desa Pancasila sebagai kader pembangunan desa melalui wadah karang taruna harus siap mengemban tugas dengan penuh kebersamaan dan kekompakan. Kegiatan ini diadakan untuk membangun semangat warga dan teladan anak bangsa untuk selalu peduli membangun desa berdasarkan nilai – nilai Pancasila. Pihaknya berharap, para Patriot Desa Pancasila kedepan memiliki visi dan misi untuk terus maju dan nasionalisme yang kuat.”

Adapun Syamsul Ma’arif ST MEng selaku Wakil Rektor Bidang akademik UP45 di sela – sela kegiatan pelantikan mengatakan bahwa ,” Kegiatan Program Desa Pancasila di Manjung dapat menjadi pilot atau model gerakan pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal desa. Pada akhirnya, desa dimotori Patriot Desa dapat mengembangkan menjadi desa mandiri khususnya mandiri pangan dan energi.”

Berita Terkait

Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta melaksanakan kuliah lapangan (...

Siswa SMA N 1 Sedayu menyambut dengan wajah ceria kehadiran mahasiswa Fakultas Psikologi UP45. Acara...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017