Pelatihan E-Learning Di Lingkungan Civitas UP45 Yogyakarta

07 Des 2016 15:15:08 WIB
Telah dibaca 459x

UPT Labkom UP45 menyelenggarakan pelatihan Diseminasi  Pembelajaran Berbasis e-Learning bagi dosen-dosen di UP45. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan Metode e-Learning kepada para dosen dalam rangka menyiapkan era pembelajaran online di lingkup universitas. Pada training ini, dipaparkan berbagai materi pengenalan e-Learning serta tahapan dalam memanfaatkan Learning Management System untuk  menciptakan pembelajaran berbasis e-Learning yang efektif. Selain itu, dibahas pula berbagai isu perkembangan metode pembelajarannya yang meliputi perbedaan antara strategi penyampaian  dan evaluasi pembelajaran yang diterapkan pada metode e-Learning dengan metode tatap muka konvensional.

Melalui pelatihan ini diharapkan setiap dosen mampu merekayasa sebuah kegiatan pembelajaran melalui kelas virtual. Tahap selanjutnya, dosen diberikan tips dan trik dalam memanfaatkan beragam fitur e-Learning sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menarik. Melalui beragam interaksi pembelajaran yang diciptakan, diharapkan dapat meningkatkan student engagement dalam kegiatan pembelajaran dengan metode e-Learning itu sendiri.

Para peserta dilatih untuk menggunakan berbagai tools dan tahapan dalam memproduksi bahan ajar yang baik dan compatible dengan perangkat e-Learning, yang pada akhirnya digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa. Kegiatan ini merupakan buah dari kesadaran terhadap pentingnya konten pembelajaran yang bermutu dalam penerapan pola pembelajaran e-Learning itu sendiri.

E-Learning Moodle menjawab semua kebutuhan dosen dan mahasiswa dalam proses belajar mengajar di kampus. Dengan adanya E-Learning Moodle, mahasiswa tidak perlu menggunakan kertas untuk mengumpulkan tugas. Dosen juga tidak perlu mempersiapkan lemari untuk menyimpan tugas mahasiswa, karena di dalam sistem ini bisa mengerjakan dan  menyimpan tugas tersebut. E-Learning Moodle ini memiliki banyak manfaat di antaranya perkuliahan jadi aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Dosen lebih menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta dapat lebih mengenal mahasiswa secara personal, hal ini dapat dilihat dari komentar yang dibuat mahasiswa saat selesai mengerjakan tugas secara langsung di E Learning Moodle. (F.N)

Berita Terkait

Tim Biro Psikologi UP 45 memberikan Training untuk meningkatkan motivasi kerja sebagai salah satu be...

Yogyakarta – Senin, 07 Agustus 2017 Universitas Proklamasi 45 (UP45) sukses menyelenggarakan s...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017