Pelatihan Keterampilan Menggambar Bagi Guru Melalui Psikologi Berbagi

02 Feb 2016 03:46:13 WIB
Telah dibaca 707x

Pelatihan keterampilan menggambar bagi guru merupakan serangkaian kegiatan dalam acara Psikologi Berbagi yang diadakan oleh fakultas Psikologi UP45 Yogyakarta. Acara yang terlaksana pada tanggal 30 Januari 2016 dibuka oleh Bapak Syamsul Maarif, ST., M. Eng., selaku WR 1 UP45 dan dihadiri oleh para guru antara lain dari TK Nasional Samirono, TKIT Muadz bin Jabal, TK Aisyiyah Pembina Piyungan, TK Sari Asih 2 Depok, TK Sari Asih 3, TK ABA Ade Irma, TKIM Bhakti Mulia, KB Salman Al Farisi, dan TK Internasional Kinder Station.

Bapak Ir. Bambang Irjanto, MBA., selaku Ketua yayasan UP45 dalam kata sambutannya menyatakan bahwa guru TK merupakan  profesi yang sungguh mulia. ”Setiap orang tua pasti menginginkan pendampingan dan pendidikan yang terbaik bagi anak-anaknya dan seorang guru TK lah yang memegang peranan penting dalam melaksanakan tugas pendampingan & pendidikan tersebut. Guna mendukung profesionalitas para guru dalam menjalankan tugas mulia tersebut maka UP45 melalui Fakultas Psikologi memberikan pelatihan keterampilan bagi guru TK”, demikian diuangkapkan oleh Bapak Bambang.

Pelatihan yang mengangkat tema Pengembangan Psikomotorik Anak TK Melalui Kegiatan Menggambar yang juga telah dilaksanakan pada tanggal 16 dan 23 Januari 2016 mendapatkan sambutan positif dari para guru TK di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini ditunjukan dari 3 kali acara tersebut diadakan, dihadiri oleh 54 Guru Tk dari 40 Tk di daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Para peserta berharap agar pelatihan-pelatihan bagi guru TK dapat dilaksanakan secara berkesinambungan serta selanjutnya menginginkan adanya kerjasama antara pihak TK dengan Fakultas Psikologi UP45. “Adanya pelatihan ini memberikan pemahaman bahwa kami sangat membutuhkan ilmu Psikologi dan saya ingin bisa kuliah di fakultas Psikologi UP45,” ungkap Atik, salah satu peserta pelatihan.

Kegiatan menggambar merupakan salahsatu cara menstimulasi perkembangan psikomotorik serta perkembangan kreatifitas yang melibatkan daya kognitif, demikianlah salah satu materi yang dipaparkan oleh Dr. Arundati Shinta, S.Psi.,M.A., yang juga mengajak para guru untuk berpartisipasi pada Lomba menggambar untuk anak-anak usia 3-25 tahun, yang diadakan oleh UNESCO di Perancis dengan tema Wild Life atau kehidupan liar di alam pada bulan Februari 2016. Para peserta tampak sangat aktif ketika diajak dan dibimbing oleh Arni Dewi Boronnia, S.T selaku narasumber dalam pelatihan ini untuk membebaskan daya imajinasi yang dituangkan pada selembar kertas gambar. Dijelaskan pula oleh Fx. Wahyu Widiantoro, S.Psi.,M.A., bahwa peranan guru TK dalam mendampingi anak didiknya adalah sebagai pendamping proses belajar dan menstimulasi untuk setiap aspek perkembangan anak lebih optimal.

Berita Terkait

Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV Tahun 2017 merupakan MTQ MN T...

Keinginan para mahasiswa untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang jurnalistik dapat terpenuhi ket...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017