Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta
The University of Petroleum

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UP45 Jalin Kerjasama Dengan PT. Bank BRI Syariah

  12 Januari 2019

Bagikan postingan ini

Perkembangan perbankan syariah saat ini cukup signifikan, terbukti banyak masyarakat yang menggunakan jasa layanan ini. Guna merespon hal tersebut, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta mengadakan kerjasama dengan Bank BRI Syariah yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement pada hari Rabu, 11 Juli 2018 lalu di Ruang Pertemuan UP45, dimana dari pihak BRI Syariah dihadiri Bapak Kurniawan selaku Pimpinan Cabang PT Bank BRIS SYariah Kantor Cabang Yogyakarta, beserta tim. Sedangkan dari UP45 diwakili oleh Dra. Eny Sulistyowati, MM yaitu Dekan Fakultas Ekonomi. MOU tersebut tentang penyediaan fasilitas Laboratorium Perbankan Syariah “Salam BRIS, Our dedication for education” di lingkungan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta.

Ibu Eny Setyowati mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang dilaksanakan antara program studi Ekonomi Manajemen dan Bank BRI Syariah. Diharapkan melalui kerjasama ini ada berbagai pelatihan yang bisa dilaksanakan bersama antara BRI Syariah dengan FE UP45, dan implementasi yang dilaksanakan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Pada kesempatan ini, hari Kamis, 10 Januari 2019 pukul 12.30-16.00 WIB dilakukan pelatihan untuk TOT (Trainer of Trainer) diikuti oleh para dosen. Guna memperkenalkan program ini, diundang pula perwakilan mahasiswa dari berbagai program studi baik Ekonomi, Hukum, Administrasi Negara, Psikologi dan Teknik untuk mendapatkan sosialisasi. Esti mahasiswa Ekonomi mengatakan “ acara ini sangat bagus sekali, karena memberikan wawasan bagi mahasiswa tentang bagaimana mekanisme kerja di perbankan khusunya perbankan BRI Syariah. Septiyana (mahasiswa ekonomi ) menambahkan pengalaman ini bisa menjadi modal dasar bagi mahasiswa ketika lulus dan mencari kerja. Kaprodi FE UP45 Djoko Wijono,SE,MM nantinya fasilitas laboratorium perbankan syariah “Salam BRIS” ini akan dimasukkan dalam kegiatan praktikum yang akan mewadahi mahasiswa agar bisa belajar praktek perbankan langsung dari ahlinya dan untuk memajukan prodi Manajemen ke depannya,” paparnya.

Sementara itu, dari Bank BRI Syariah diwakili oleh Tommy Regia selaku IT Senior analyst -divisi IT Jakarta BRI Syariah . Tommy mengatakan “pada dasarnya kerjasama ini merupakan implementasi dari diskusi antara kedua pihak sejak enam bulan lalu dan nantinya dengan kerjasama yang telah terjalin ini akan banyak rangkaian kegiatan yang bisa dilakukan baik dari BRI Syariah maupun Universitas Proklamasi 45.” Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ernis Chairunnisa, Elya Mariana, Winda Kartika Sari dari BRI Syariah Jl Yos Sudarso No 1 Kotabaru Yogyakarta.

Kerjasama ini juga dalam rangka Pemakaian Perangkat Lunak Laboratorium Perbankan Syariah “Salam BRIS”. Kerjasama ini guna memberikan pemahaman literasi perbankan syariah kepada mahasiswa. Diharapkan pemahaman masyarakat khususnya mahasiswa tentang ekonomi Islam semakin meningkat. Pembelajaran akan lebih ditekankan pada interaksi di lapangan seperti Praktek Kerja Lapangan, bimbingan oleh praktisi ke mahasiswa dan lain sebagainya agar sisi teoritis dan praktik bisa bertemu seimbang. Nantinya akan ada poses pendampingan dari Bank BRI Syariah Pusat sebagai bentuk tanggung jawab agar laboratorium perbankan syariah bisa diaplikasikan dengan baik dan benar oleh mahasiswa maupun dosen. Turut Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala KPM Drs. Bambang Sugeng,MM, Ketua LPPM Drs. Djemadi,MM, KUI UP45 Rr.Putri Ana Nurani,MM, dan CDC Niken Widyastuti,SE,MM. (Rr.P)