Program Desa Pancasila UP45 Bumikan Nilai Pancasila

20 Jul 2017 14:20:34 WIB
Telah dibaca 124x

Di Era globalisasi, masyarakat Indonesia dihadapkan pada ancaman nyata yaitu memudarnya jati diri bangsa. Bahkan akhir – akhir ini, sikap – sikap intoleransi yang menolak kebersamaan dan gotong royong serta keberagaman telah mengerus nilai – nilai luhur masyarakat bahkan hingga ke sendi – sendi kehidupan masyarakat desa.

Dalam upaya membumikan nilai dan prinsip Pancasila, Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta bekerjasama dengan Pemerintah Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Klaten menginisiasi Program Desa Pancasila diawali dengan “Pencanangan dan Pelatihan Patriot Desa Pancasila” di Aula Desa Manjung, Rabu - Jumat (12-14/7/2017).

Kepala Desa Manjung, AB Amanto mengatakan bahwa ,”di pedesaan khususnya Desa Manjung telah terbentuk kebhinekaan salah satunya kerjasama kehidupan beragama. ‘Kegiatan  ini diharapkan mampu menumbuhkan sosok pemuda yang militan, mental yang kuat serta ikut aktif membangun kebersamaan dalam rangka membangun desa. Adapun fasilitator sekaligus pelatih menghadirkan akademisi dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta diantaranya Dr Arundati Sinta dan Dra Eni Sulistyowati MM serta tokoh – tokoh masyarakat lokal.

Tokoh masyarakat Desa Manjung, Agus Pratomo mengemukakan bahwa “, rangkaian pelaksanaan Desa Pancasila tersebut diharapkan mampu menanamkan nilai – nilai ideologi Pancasila dan memperkuat karakter kaum muda menjadi patriot desa. Selain itu, Agus  berharap hasil dari proses tersebut dapat melahirkan patriot desa Pancasila sebagai relawan yang memiliki komitment bersama dengan berbagai stakeholder desa untuk membangun desa. Untuk itu, kegiatan dilakukan selain pengembangan motivasi dan kreativitas peserta juga perlu dilakukan analisa potensi daya dukung desa untuk membangun kemandirian dan kemajuan desa.”  

Dr Arundati Shinta selaku fasilitator dan nara sumber dari Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta dalam sambutannya mengatakan ,”pemuda harus menjadi generasi penerus yang mampu memajukan desa sesuai dengan potensi lokal desa. Untuk mendukung hal tersebut, perlu di dukung pengembangan potensi karakter anak muda sebagai patriot desa dalam mengembangkan kerjasama tim. Pihaknya berharap inisiasi Desa Pancasila ini menjadi model pengembangan Desa Pancasila di tingkat lokal maupun nasional .”

Sedangkan Muhamad Ali Sukrajab MBA selaku Wakil Rektor III Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta secara terpisah mengatakan bahwa,” Program Desa Pancasila ini merupakan satu – satunya jalan untuk menghadapi beragam ancaman nyata yang dihadapi masyarakat terutama desa dan mendorong kemajuan desa berbasis potensi lokal. Pemuda sebagai patriot desa diharapkan memiliki karakter Pancasila paling tidak dicirikan dengan mengakui, menghargai dan memperkuat dan memelihara pluralism, memanusiakan manusia, menjaga persatuan, mengedepankan musyawarah untuk kepentingan bersama dan berorientasi mewujudkan keadilan.

 

Sumber : SKH Kedaulatan Rakyat (Kamis/13:7:2017)

Berita Terkait

IYEC (IATMI Youth Energy Chalange) merupakan salah satu event tahunan yang dilakukan oelh IATMI SM I...

Yogyakarta, 30 Mei 2015. Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta yang bertransformasi menjadi Univ...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017