Seminar Energi Baru Terbarukan dan Prosedur Penyiapan HKI

10 Ags 2017 15:52:16 WIB
Telah dibaca 97x

Yogyakarta – Senin, 07 Agustus 2017 Universitas Proklamasi 45 (UP45) sukses menyelenggarakan seminar tentang Energi Baru Terbarukan dan Prosedur Penyiapan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Seminar ini ditujukan untuk kalangan dosen di lingkungan UP45 walaupun pada proses pelaksanaaannya ada peserta seminar berasal dari kampus swasta lainnya.  

Menurut Ir. M. Kismurtono, M.Sc selaku narasumber seminar mengatakan bahwa limbah sawit memiliki potensi besar sebagai energi baru terbarukan dengan memanfaatkan biogas. Proses pembakaran pada mesin generator membutuhkan gas methane, bukan gas CO2. Pemanfaatan CO2 yang dihasilkan dapat dijadikan bahan baku surfaktan.  Balai Pengkajian Teknologi Bahan Alam (BPTBA) LIPI Jogja membuka peluang kerjasama dengan pihak UP45 menggunakan skema Joint Riset, Pengujian Laboratorium, Kerjasama luar negeri yang digandeng LIPI, dan Joint penerbitan jurnal internasional bersama.

Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) merupakan  aset institusi. Suatu saat kekayaan institusi akan dilihat dari berapa banyak paten yang diterapkan di industri. HAKI sendiri meliputi Paten, Hak Cipta, Rahasia Dagang, dll.  Ada cara membuat output penelitian dengan memperbanyak output di HAKI dengan menggunakan laporan akhir, poster, jurnal, prototipe, dan TTG. Dr. Agus Budi Riswandi, SH., M.Hum, selaku Narasumber tentang HAKI menyarankan segera dibentuk Sentra Kekayaan Intelektual di UP45.  Agus juga menambahkan bantuan dari DIKTI untuk Hak Cipta kisaran Rp 60 juta dan Paten Rp 70 juta per output dari penelitian. (RA)

Berita Terkait

Kerjasa sama dan solidaritas antar karyawan dalam sebuah institusi merupakan sesuatu yang menjadi pe...

Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, T...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017