UP45 Yogyakarta Menjadi Salah Satu Kafillah Dalam MTQMN XV Tahun 2017

12 Sep 2017 09:18:26 WIB
Telah dibaca 101x

Musabaqoh Tilawatil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional (MTQMN) XV Tahun 2017 merupakan MTQ MN Terbanyak sepanjang sejarah. Peserta yang mengikuti Musabaqoh MTQMN XV tercatat sebanyak 251 perguruan tinggi se Indonesia yang terlibat dengan 3.000 peserta. Pagelaran lomba MTQMN IV diselenggarakan di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya, Malang Jawa Timur.

Jum’at, 28 Juli 2017 merupakan malam terpenting dalam perhelatan akbar MTQMN IV Tahun 2017. Pasalnya, malam tersebut merupakan malam pembukaan acara MTQMN IV yang bertempat di Universitas Brawijaya Malang. Sejumlam tokoh nasional maupun daerah turut hadir dalam malam pembukaan MTQMN IV Sebagaimana yang dilansir dalam berita MTQMN IV di laman http://mtqmn15.ub.um.ac.id/, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. M. Nasir menyampaikan“MTQMN tahun ini merupakan kompetisi yang akan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bergelut dengan bidang di luar disiplin ilmu masing-masing baik yang ada kaitannya dengan tilawah hingga kompetisi desain Al Qur’an,”

Dalam pagelaran MTQMN IV Tahun 2017 ini Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta turut terlibat aktif dalam rangkaian perlombaan setelah melalui proses pendaftaran dan seleksi yang dilaksanakan secara daring (online) melalui laman Panitia MTQ Mahasiswa Nasional XV mulai tanggal 01 April 2017 di http://mtqmn15.ub.um.ac.id. Setalah terdaftar secara online, dan melewati tahap verifikasi data peserta pada minggu pertama Bulan Juli Tahun 2017, Student Character Development Universitas Proklamasi 45 (SCD UP 45) Yogyakarta menerima konfirmasi daftar kafillah UP 45 Yogyakarta yang berhak mengikuti lomba MTQMN IV Tahun 2017.

Setelah proses seleksi administrasi dinyatakan lolos oleh panitia pusat MTQMN IV, Pada Tahun 2017, Student Character Development (SCD) UP 45 Yogyakarta telah mendampingi 2 kelompok Mushabaqoh Tillawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQ MN) Tahun 2017 yang diselenggarakkan di Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya. Daftar peserta lomba dan cabang perlombaan yang diikuti oleh Kafillah UP 45 Yogyakarta adalah sebagai berikut : Cabang Musabaqah Tilawatil Qur'an atas nama IQBALUL FADHILLAH (NIM 134104101238) dari Prodi Teknik Mesin, Cabang Musabaqah Fahmil Qur'an FERDY VERNANDO (NIM 164104101302) dari Prodi Teknik Mesin, HENTI HERIYANTI (NIM 162104102296) dari Prodi Administrasi Negara, dan M. SAFII SILALAHI (NIM 163104101154) dari Prodi Psikologi. Selain itu UP 45 Yogyakarta juga mengirimkan karya ilmiah pada cabang lomba Musabaqah  Karya Tulis Ilmiah Kandungan AlQuran (KTIQ) namun tidak lolos 50 besar.

Selama pelaksanaan MTQMN IV berlangsung dan diikuti oleh kafillah dari UP 45 Yogyakarta, dapat capai hasil sebagai berikut : (1) Tim Kafilah Musabaqah  Karya Tulis Ilmiah Kandungan AlQuran (KTIQ) Tidak Lolos Tahap Desk Evaluation , sehingga tidak dapat melanjutkan ke babak Final. Pada cabang karya tulis Alqur’an mahasiswa yang menjadi perwakilan kurang fokus dalam penyelesaian naskah maupun dalam bimbingan dengan dosen pendamping, sehingga karya yang dikirimkan kurang optimal dan berdampak tidak lolos seleksi tahap lanjutan (tidak masuk 50 besar), (2) Tim Kafilah Musabaqah Fahmil Quran masuk Babak Semi Final, meski tidak dapat melanjutkan Ke Babak Final (masuk 20 besar), dan (3) Kafilah Musabaqah Tilawatil Quran Tidak mendapatkan peringkat dalam perlombaan yang dilakukan melalui penilaian 1 tahap.

Dukungan maupun hambatan jelas dihadapi SCD UP 45 Yogyakarta dan para Kafillah perwakilan UP 45 Yogyakarta selama mengikuti kegiatan MTQMN IV. faktor pendukung, berupa kualitas mahasiswa yang sudah mumpuni khususnya dicabang Fahmil Qur’an menjadi SDM yang dapat dikembangkan lebih baik lagi dimasa mendatang, Pencairan dana yang cepat dan sesuai anggaran dari universitas membantu pelaksanaan perlombaan, dan keikutsertaan 2 Offisial yang memudahkan kordinasi lapangan dengan peserta ataupun panitia. Namun demikian sebagai upaya perbaikan dalam keikutsertaan kafiilah UP 45 Yogyakarta pada MTQMN selanjutnya, terdapat beberapa hal yang harus ditingkatkan antara lain perlu adanya sosialisasi untuk meningkatkan minat minat mahasiswa untuk mengikuti lomba, memperbanyak keterlibatan dosen dan tenaga pembimbing yang kompeten untuk memberi materi kepada perwakilan MTQ, Coaching peserta perlu ditingkatkan khususnya saat menghadapi tekanan sehingga tingkat emosi atau pengelolaan diri lebih bisa diatur, dan Pada tahun mendatang (2019) MTQ MN akan diselenggarakan di luar pulau jawa, sehingga perlu disiapkan anggaran dan tenaga yang lebih besar. (AN)

Berita Terkait

Siklus Krisis Di Sekitar Energi

04 Nov 2016 09:27:03 WIB

EMGI UP45 mengadakan kegiatan bedah buku pada tanggal 25 Oktober 2016. Kegiatan ini merupakan kegiat...

Berbincang mengenai industri Migas dewasa ini hampir tidak pernah ada habisnya. Seiring dengan kemaj...

Berita Terbaru

Tim LKBH UP45 mendatangi rumah Sukalis (Klien LKBH/Ayah Kandung Ayu Agustina) yang beralamat di Keca...

Pihak Universitas Proklamasi 45 sangat menyayangkan aksi 12 oknum yang sudah diberhentikan sebagai m...

Energy Management and Governance Institute UP 45 (EMGI UP45) mengadakan kegiatan bedah buku dan disk...

Agenda

13
Sep
2017
14
Sep
2017